Pages

Selasa, 31 Desember 2013

PSIKOLOGI DAN INTERNET DALAM LINGKUP INTERPERSONAL (4)


Dampak Negatif dalam Penggunaan Internet

BAB I
PEMBAHASAN

  1. Latar Belakang
Setiap pengguna internet memiliki peran tersendiri dalam berinteraksi didalam dunia maya. Peran social seseorang dalam berinteraksi di dalam dunia maya juga menentukan perilaku atau kelakuan oarng itu sendiri. Seperti peran negative atau perilaku yang dilakukan seseorang akan membawa peran negative juga, tidak hanya terhadap diri sendiri melainkan terhadap masyarakat luas. 

1.1  Rumusan Masalah
·         Apakah  Dampak Negatif dalam penggunaan Internet
·         Jelaskan Peran Sosial Individu

1.2  Manfaat Penelitian
Agar dapat mengetahui Dampak Negatif dari penggunaan Internet dan Peran Sosial Individu dalam Internet


BAB II
PEMBAHASAN

     Peran Sosial Individu

Dengan setiap teknologi baru, hampir selalu ada periode terkait re-ogranisasi sosial dan kultur dan refleksi, dan kadang-kadang bahkan kecemasan dan konflik. Hampir selalu ada juga banyak pembicara jurnalis, ulama, dan orang biasa mencoba untuk memahami apa yang mereka ketahui dan mendengar tentang perkembangan teknologi baru. Sering mitos populer tentang teknologi baru dapat menjadi ekstrim, cenderung membesar-besarkan dampak negatif atau positif mereka percaya bahwa teknologi akan memiliki pada masyarakat, interaksi sosial, dan psikologis individu. Setiap peran sosial adalah serangkaian hak, kewajiban, harapan, norma, dan perilaku seseorang yang harus dihadapi dan dipenuhi. Model ini didasarkan pada pengamatan bahwa orang-orang bertindak dengan cara yang dapat diprediksikan, dan bahwa kelakuan seseorang bergantung pada konteksnya, berdasarkan posisi sosial dan faktor-faktor lain. Perilaku prososial mencakup kategori yang lebih luas yaitu meliputi segala bentuk tindakan yang dilakukan atau direncanakan untuk menolong dan bermanfaat bagi orang lain, tanpa memperdulikan motif-motif si penolong.Determinisme teknologi karena melihat teknologi sebagai besar 'penggerak dan pengocok' balik transformasi sosial yang besar pada tingkat intuisi, interaksi sosial dan kognisi individu.
Dalam penggunaan internet terdapat dampak negatif dalam penggunaannya, yaitu :
  1. Pornografi
Banyak nya situs-situs dewasa yang dapat diakses dengan mudah, dalam situ tersebut terdapat konten-konten khusus dewasa. Ini dapat mengganggu perkembangan otak anak, karena anak sudah dapat melihat situs tersebut secara mudah.

2.       Penipuan
Penipuan kini sudah dapat memasuki dunia maya, banyak nya penipuan yang terjadi di dunia maya dapat merugikan orang lain.

3.       Mengabaikan kehidupan social.
Biasanya orang yang lebih aktif didunia maya, ia belum tentu dapat berinteraksi di dunia nyata, karena adanya kepasifan didunia nyata, kemudian ia meluapkan perasaan nya di dunia maya

4.       Kecanduan internet
Internet pun bisa menyebabkan ketergantungan (hal ini biasa terjadi ketika seseorang telah sangat suka terhadap jejaring social ataupun game online ) hingga mengakibatkan lupa waktu dalam kehidupannya dan pasif didunia nyata.

5.       Hacking
Sebuah usaha untuk membobol jaringan dengan tujuan mengeksplorasi ataupun mencari kelemahan pada system jaringan tersebut.

6.       Cracking
Sebuah usaha untuk memasuki sebuah jaringan secara illegal dengan tujuan untuk mencuri, mengedit bahkan menghancurkan data-tada yang tersimpan disuatu jaringan.

7.       Violence And Gore
Kekejaman juga sering kali terjadi, karena bisnis di dunia internet semakin hari semakin banyak seiring pekembangan teknologi internet sampai jumlah yang tak terbatas, maka pemilik website menghalalkan segala cara supaya bisa menjual website miliknya.


BAB III
KESIMPULAN

Perilaku prososial mencakup kategori yang lebih luas yaitu meliputi segala bentuk tindakan yang dilakukan atau direncanakan untuk menolong dan bermanfaat bagi orang lain, tanpa memperdulikan motif-motif si penolong. Sementara dampak negative dari perilaku individu dalam internet seperti perilaku adiktif lainnya seperti perjudian patologis, kecanduan seksual, perdagangan obsesif, belanja  kompulsif dan gila kerja. Semua perilaku khusus dari kegiatan, mengatakan penelitian terkait dengan penggunaan internet yang berlebihan.

Source :
Gackenbach. 2007. Psychology and the Internet: Intrapersonal,Interpersonal, and transpersonal implications. Kanada. Academic Press.
Yufehizar. (2008). 10 Jam Menguasai Internet. Gramedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar