PSIKOLOGI
DAN INTERNET DALAM LINGKUP INTERPERSONAL(8)
Pada dasarnya , CSCW melampaui teknologi itu sendiri
membangun dan melihat bagaimana orang bekerja dalam kelompok dan organisasi dan
dampak teknologi pada proses-proses . CSCW telah membawa sebagian besar dari
penyatuan antara ilmuwan sosial dan teknologi sebagai pengembang bekerja sama
untuk mengatasi kedua masalah non-teknis teknis dalam ruang pengguna yang sama
. Sebagai contoh, banyak R & D profesional yang bekerja dengan CSCW adalah
ilmuwan komputer yang telah menyadari bahwa faktor-faktor sosial memainkan peran
penting dalam pengembangan sistem kolaboratif . Di sisi lain , banyak ilmuwan
sosial yang memahami meningkatnya peran teknologi dalam dunia sosial kita
menjadi " teknologi " yang bekerja di laboratorium R & D untuk
mengembangkan sistem koperasi .
Istilah Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan mereka. [1]. Pada kesempatan yang sama pada tahun 1987, Dr. Charles Findley mempresentasikan konsep collaborative learning-work. Menurut [2], CSCW mengangkat isu seputar bagaimana aktivitas-aktivitas kolaboratif dan koordinasi didalamnya dapat didukung teknologi komputer. Beberapa orang menyamakan CSCW dengan groupware, namun yang lain mengatakan bahwa groupware merujuk kepada wujud nyata dari sistem berbasis komputer, sedangkan CSCW berfokus pada studi mengenai kakas dan teknik dari groupware itu sendiri, termasuk didalamnya efek yang timbul baik secara psikologi maupun sosial.
Definisi yang diajukan mempertegas perbedaan di antara dua konsep ini: CSCW adalah sebuah istilah generik, yang menggabungkan pengertian bagaimana orang bekerja dalam sebuah kelompok dengan teknologi pendukung berupa jaringan komputer, Perangkat keras, Perangkat lunak terkait, layanan, dan teknik.
Istilah Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan mereka. [1]. Pada kesempatan yang sama pada tahun 1987, Dr. Charles Findley mempresentasikan konsep collaborative learning-work. Menurut [2], CSCW mengangkat isu seputar bagaimana aktivitas-aktivitas kolaboratif dan koordinasi didalamnya dapat didukung teknologi komputer. Beberapa orang menyamakan CSCW dengan groupware, namun yang lain mengatakan bahwa groupware merujuk kepada wujud nyata dari sistem berbasis komputer, sedangkan CSCW berfokus pada studi mengenai kakas dan teknik dari groupware itu sendiri, termasuk didalamnya efek yang timbul baik secara psikologi maupun sosial.
Definisi yang diajukan mempertegas perbedaan di antara dua konsep ini: CSCW adalah sebuah istilah generik, yang menggabungkan pengertian bagaimana orang bekerja dalam sebuah kelompok dengan teknologi pendukung berupa jaringan komputer, Perangkat keras, Perangkat lunak terkait, layanan, dan teknik.
Selama bertahun-tahun, penelitian CSCW utama telah berfokus
pada pemahaman dan mengembangkan teknologi yang dapat mendukung interaksi
langsung dalam kelompok kecil. pada kenyataannya, lapangan sering didefinisikan
dalam istilah 'kerja kelompok' atau bahkan 'kelompok kecil'. muka dengan muka
percakapan secara implisit diambil sebagai paradigma interaksi manusia, dan
dibandingkan semua bentuk lain dari interaksi manusia dipandang sebagai miskin.
Motivasi untuk fokus ini secara umum kebutuhan diduga untuk teknologi yang
dapat membantu bekerja sama aktor untuk meniru interaksi langsung seperti
melalui jarak fisik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar