BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Internet merupakan jaringan komputer yang
dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada
tahun 1969,
melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced
Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan
bagaimana menggunakan hardware dan software komputer
yang berbasis UNIX, kita
bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran
telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar
informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan
menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal
sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
B. Rumusan
Masalah
Jelaskan
tentang konsep dasar Computer Supported Cooperative Work
C. Tujuan Penelitian
Agar mahasiswa dapat
mengetahui konsep dasar CSCW yang mendukung interaksi manusia dalam bekerjasama
dengan individu yang lain
BAB II
PEMBAHASAN
Computer Supported Cooperation Work
Pada dasarnya , CSCW
melampaui teknologi itu sendiri membangun dan melihat bagaimana orang bekerja
dalam kelompok dan organisasi dan dampak teknologi pada proses-proses . CSCW
telah membawa sebagian besar dari penyatuan antara ilmuwan sosial dan teknologi
sebagai pengembang bekerja sama untuk mengatasi kedua masalah non-teknis teknis
dalam ruang pengguna yang sama . Sebagai contoh, banyak R & D profesional
yang bekerja dengan CSCW adalah ilmuwan komputer yang telah menyadari bahwa
faktor-faktor sosial memainkan peran penting dalam pengembangan sistem
kolaboratif . Di sisi lain , banyak ilmuwan sosial yang memahami meningkatnya
peran teknologi dalam dunia sosial kita menjadi " teknologi " yang
bekerja di laboratorium R & D untuk mengembangkan sistem koperasi .
Istilah Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan mereka. [1]. Pada kesempatan yang sama pada tahun 1987, Dr. Charles Findley mempresentasikan konsep collaborative learning-work. Menurut [2], CSCW mengangkat isu seputar bagaimana aktivitas-aktivitas kolaboratif dan koordinasi didalamnya dapat didukung teknologi komputer. Beberapa orang menyamakan CSCW dengan groupware, namun yang lain mengatakan bahwa groupware merujuk kepada wujud nyata dari sistem berbasis komputer, sedangkan CSCW berfokus pada studi mengenai kakas dan teknik dari groupware itu sendiri, termasuk didalamnya efek yang timbul baik secara psikologi maupun sosial.
Definisi yang diajukan mempertegas perbedaan di antara dua konsep ini: CSCW adalah sebuah istilah generik, yang menggabungkan pengertian bagaimana orang bekerja dalam sebuah kelompok dengan teknologi pendukung berupa jaringan komputer, Perangkat keras, Perangkat lunak terkait, layanan, dan teknik.
Istilah Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan mereka. [1]. Pada kesempatan yang sama pada tahun 1987, Dr. Charles Findley mempresentasikan konsep collaborative learning-work. Menurut [2], CSCW mengangkat isu seputar bagaimana aktivitas-aktivitas kolaboratif dan koordinasi didalamnya dapat didukung teknologi komputer. Beberapa orang menyamakan CSCW dengan groupware, namun yang lain mengatakan bahwa groupware merujuk kepada wujud nyata dari sistem berbasis komputer, sedangkan CSCW berfokus pada studi mengenai kakas dan teknik dari groupware itu sendiri, termasuk didalamnya efek yang timbul baik secara psikologi maupun sosial.
Definisi yang diajukan mempertegas perbedaan di antara dua konsep ini: CSCW adalah sebuah istilah generik, yang menggabungkan pengertian bagaimana orang bekerja dalam sebuah kelompok dengan teknologi pendukung berupa jaringan komputer, Perangkat keras, Perangkat lunak terkait, layanan, dan teknik.
Selama bertahun-tahun,
penelitian CSCW utama telah berfokus pada pemahaman dan mengembangkan teknologi
yang dapat mendukung interaksi langsung dalam kelompok kecil. pada
kenyataannya, lapangan sering didefinisikan dalam istilah 'kerja kelompok' atau
bahkan 'kelompok kecil'. muka dengan muka percakapan secara implisit diambil
sebagai paradigma interaksi manusia, dan dibandingkan semua bentuk lain dari
interaksi manusia dipandang sebagai miskin. Motivasi untuk fokus ini secara
umum kebutuhan diduga untuk teknologi yang dapat membantu bekerja sama aktor
untuk meniru interaksi langsung seperti melalui jarak fisik.
BAB III
KESIMPULAN
CSCW adalah sebuah istilah
generik, yang menggabungkan pengertian bagaimana orang bekerja dalam sebuah
kelompok dengan teknologi pendukung berupa jaringan
komputer, Perangkat keras, Perangkat lunak terkait, layanan, dan
teknik.
Source
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar